Rabu, 22 Nopember 2017

e-Library
Web Perpustakaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Mineral dan Batubara Bandung (Pusdiklat TMB) ini merupakan langkah awal menuju dunia cyber seiring dengan perkembangan teknologi informasi terkini


Agenda
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

tak ada agenda pada hari ini

Jam Buka
Senin - Kamis
Jam Istirahat

Jumat
Jam Istirahat
:08.00 - 15.00
:12.00 - 13.00

:08.00 - 15.30
:12.00 - 13.30

Album

Stat Pengunjung
Anda Pengunjung Ke :
333498
1 User Online

IP anda : 54.144.57.183
Browser :



Study Banding ke Surabaya
Jumat, 22 Agustus 2014 | sumber Tri Handajani, S.Sos., M.Hum. | dibaca 423x

Pada tanggal 18 Juni 2014 salah satu Pustakawan, Tri Handajani ditemani salah satu pegawai, Titi Umirah Citraningsih melakukan studi banding ke 3 (tiga) perpustakaan besar di Surabaya. Perpustakaan tersebut terdiri dari: Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa  |batas|Timur, Perpustakaan Pusat Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), dan  Perpustakaan Pusat Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Kegiatan dilakukan hanya dalam satu hari karena jadwal perjalanan ke Surabaya hanya 3 (tiga) hari sehingga tidak mungkin studi banding lebih dari sehari. Meskipun sangat padat acaranya, tetapi tidak terasa melelahkan. Hal ini dikarenakan pustakawan dari ke tiga perpustakaan tersebut menerima dengan sangat ramah.

Tujuan studi banding adalah untuk mengetahui dan mempelajari sistem pelayanan, pengadaan informasi tercetak dan elektronik, serta promosi tercetak dan elektronik. Walaupun waktu yang diberikan untuk memaparkan seluruh kegiatan perpustakaan sangat singkat, tetapi banyak pelajaran berharga yang perlu ditiru oleh Perpustakaan Pusdiklat Mineral dan Batubara. Perpustakaan tidak lagi menjadi gudang buku yang lusuh dengan kegiatan yang membosankan. Ruangan interior perpustakaan dirancang secara profesional dengan warna-warna perabotan yang cerah sehingga membuat nyaman pengunjungnya. Di dalam perpustakaan bahkan tersedia café. Perpustakaan bekerjasama dengan beberapa instansi swasta yang dapat menyediakan koleksi tercetak, elektronik, serta menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan, seperti Sampoerna Corner, American Corner, dan lain-lain. Di setiap meja baca seluruh ruangan disediakan banyak stop kontak agar dapat mempermudah pengunjung yang belajar menggunakan laptop atau netbook. Perpustakaan juga menyediakan jurnal elektronik yang dengan mudah diakses oleh seluruh pengunjung.

Dari segi promosi pun ke tiga perpustakaan tersebut melaksanakannya dengan sangat profesional. Pada saat kunjungan di Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sedang diselenggarakan lomba mendongeng. Kegiatan promosi yang dilakukan sangat beragam, seperti promosi tercetak (leaflet, pamphlet, dan lain-lain), lomba foto, lomba mendongeng, bedah buku, dan lain-lain. Belum lagi promosi yang ditampilkan di web masing-masing perpustakaan.


Dari kunjungan ke tiga perpustakaan tersebut, tidak ada yang paling menarik atau paling modern. Semua perpustakaan memberikan jasa layanan yang menarik dan memiliki ciri khas masing-masing. Pustakawan di Pusdiklat Mineral dan Batubara perlu mempelajari banyak hal dari ke tiga perpustakaan tersebut.

Perpustakaan

Koleksi Terbaru

Buku Tamu
[ Kirim Surat ]

|img|
|img|


Jejak Pendapat
Kapan terakhir kali berkunjung ke Perpustakaan?
Masih bulan ini
6 bulan lalu
12 bulan lalu
Belum pernah









| beranda | kontak | buku tamu |
@ 2013
Perpustakaan Pusdiklat Mineral dan Batubara