BerandaSeputar ESDM
Rate this item
(0 votes)

Buleleng, Bali – Untuk kali pertamanya, Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) menyelenggarakan “Buleleng Expo 2017”. Acara ini bertujuan memperkenalkan berbagai potensi kabupaten di ujung Pulau Dewata tersebut yang meliputi sektor budaya dan pariwisata.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana memukul gong sebagai simbol pembukaan Pesta Kesenian Bali yang bertepatan dengan gelaran Buleleng Expo 2017, Rabu (17/5). Selain gelaran pameran kebudayaan dan kuliner, ada juga penampilan kreasi kesenian yang menarik. Sebut saja kreasi kesenian nusantara seperti tarian India, Aceh, dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Acara ini digelar selama lima hari (17-21 Mei 2017) dengan mengambil lokasi di Eks Pelabuhan Buleleng. Dengan rangkaian acara yang menarik, ajang ini begitu mendapat perhatian besar dari wisatawan nusantara, pun mancanegara.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai salah satu pusat pendidikan pun ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini. Hal tersebut selaras dengan upaya penyebaran informasi pendidikan dan pelatihan yang tersedia di PPSGM Geominerba.

Informasi diklat seperti booklet APBN dan PNBP, majalah, dan souvenir cantik pun ikut disebarkan untuk menjangkau calon peserta dari seluruh daerah di Indonesia. Pengunjung yang datang cukup ramai, beragam tari-tarian daerah pun turut memeriahkan acara pameran ini, seperti Aceh dan Jambi. (IR)

Rate this item
(0 votes)

Bandung – Meluaskan targetnya, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peralatan Juru Ukur untuk para staf Sarana Prasarana maupun Widyaiswara. Meski demikian, workshop ini tak menutup kemungkinan bagi staf lainnya untuk mengikuti acara ini.

Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana dan Informasi, Suherman Resmana membuka workshop pada Senin (15/5), di Gedung PPSDM Geominerba lantai 3. Dalam kesempatan tersebut, Suherman didampingi penanggung jawab kegiatan, Dwi Suyandi Pasa, dan salah satu instruktur diklat, Herman BA.

Workshop yang diikuti 13 peserta ini mengajarkan teori selama dua hari, sementara tiga hari berikutnya berupa praktik lapangan, dan mengambil bertempat di Kampus Lapangan Cipatat. Peralatan juru ukur yang digunakan ada dua macam. Sebut saja Global Positioning System (GPS) Geodetik/Global Navigation Satellite System (GNSS) Leica Type GS10, dan Total Station Leica Type 1202.

Peserta diharapkan mendapat pengetahuan baru mengenai peralatan juru ukur baik dalam pemeliharaan, penggunaan, maupun perawatannya. Selain itu, tentu saja menjadi SDM yang berkompetensi, khususnya dalam penggunaan peralatan juru ukur. (IR)

Rate this item
(0 votes)

Jakarta – Dalam upaya peningkatan kinerja untuk pegawai, Menteri ESDM Ignasius Jonan melantik 199 Pejabat Struktural di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Rabu (26/4) di Gedung KESDM.

Mereka yang mendapatkan promosi, rotasi, dan mutasi terdiri dari 10 pejabat administrator dan 22 pejabat pengawas. Penyegaran organisasi ini bertujuan ­memberi semangat baru guna peningkatan kinerja.

Jonan mengimbau pentingnya meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat secara baik, cepat, efektif, dan efisien. Prosedur perizinan juga harus diberikan secara sederhana sehingga memudahkan investor untuk berinvestasi.

Jika ditemukan laporan masyarakat terkait adanya pegawai KESDM yang mempersulit perizinan maka pihak bersangkutan dapat dikenai sanksi. Diharapkan melalui peningkatan kinerja secara efektif, efisien, serta penyederhanaan perizinan, investasi dari dalam maupun luar negeri dapat meningkat secara signifikan. (RWP/IR)

Rate this item
(0 votes)

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan melantik 25 pejabat di lingkungan Kementerian ESDM dan SKK Migas di Gedung Sekretariat Jenderal KESDM, Selasa (28/2).

Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM yang dilantik yaitu, Edi Prasodjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan pada Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, dilantik untuk menduduki jabatan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba).

Ada pula dua Pimpinan Tinggi Pratama yang dirotasi ke unit eselon I lain. Adalah Bambang Susigit, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala PPSDM Geominerba, dan saat ini duduk sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

Selain itu, Agus Salim juga mengalami rotasi. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala PPSDM Aparatur, dan saat ini mendapat kepercayaan menjadi Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sekretariat Jenderal DEN.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri ESDM menegaskan bahwa menjadi pemimpin bukanlah tugas ringan. “Jadi pemimpin, paling gampang ya memberi contoh. Kepemimpinan itu 50 persen bakat, 50 persen perjalanan hidup,” ujar Jonan.  “Hal lain yang tak kalah penting dilakukan seorang pemimpin adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, bukan hanya dirinya sendiri.” (RWP/IR)

Rate this item
(0 votes)

Medan – Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan PT. Camico Loyalindo menyelenggarakan Pekan Inovasi Sumatera Utara ke-5 Tahun 2017 yang akan berlangsung selama tiga hari (11 – 13 Mei 2017) di Lapangan Merdeka, Medan.

Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi beserta beberapa jajaran pimpinan daerah Sumut resmi membuka gelaran Pekan Inovasi Sumatera Utara yang ditandai dengan pemukulan Gordang Sambilan yang merupakan alat musik tradisional suku Mandailing, Sumatera utara, Kamis (11/5).

Tema yang diusung kali ini yaitu Merebut Peluang Bisnis dan Investasi Sumatera Utara. Erry berharap Pekan Inovasi Sumatera Utara kali ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha, BUMN/BUMD, pemerintah pusat maupun daerah untuk mempromosikan produk-produk potensialnya dan dapat memperluas pangsa pasar produk yang dihasilkan.

Gelaran Pekan Inovasi Sumatera Utara terdiri dari Pameran Pembangunan dan Investasi Daerah, Pameran Inovasi Teknologi Pertanian, Pameran Inovasi Perguruan Tinggi, Pameran Inovasi Energi, Pameran Inovasi Kesehatan dan Pameran UKM dan PKBL. Tak hanya itu Sumut Innovation Award, Festival Kuliner, Pagelaran Seni dan Budaya serta Fashion Carnival pun akan digelar.

BPSDM ESDM sebagai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral turut serta dalam mempromosikan dan memperkenalkan kinerja serta Diklat unggulan yang dapat diikuti oleh Instansi, Industri, Mahasiswa maupun Masyarakat.

Pusat Pengembangan SDM Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai salah satu satuan kerja BPSDM ESDM di sektor Geologi, Mineral dan Batubara turut serta dalam mempromosikan diklat-diklat unggulannya. Mulai dari menampilkan poster, video profile serta membagikan majalah, booklet dan souvenir.

Selain itu satuan kerja lainnya seperti PPSDM KEBTKE, PPSDM Migas, PPSDM Aparatur, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, dan STEM Akamigas turut ambil bagian dalam mempromosikan Diklat-diklat yang ada. (IR)

Lokasi Pusdiklat Minerba

Kontak Kami

Jl. Jendral Sudirman No 623
Bandung - Indonesia

Telp : 022-6076756
Fax : 022-6035506