BerandaKerjasama
Rate this item
(0 votes)

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) kembali menjalin kerja sama dengan Japan Oil, Gas and Metals National Corporation (JOGMEC) melalui program The Training Project On Coal Mining Technology untuk tahun fiskal 2017.

Kerja sama tersebut dilegalkan melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman yang diselenggarakan pada Rabu, tanggal 1 Maret 2017, berlangsung di ruang Rapat Utama Gedung BPSDM ESDM lantai 2.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala BPSDM ESDM, Djadjang Sukarna, dan Executive Director  JOGMEC, Hajime Ikeda. Pada kesempatan ini, juga dilakukan penandatanganan Implementation Plan atau Perjanjian Kerja Sama antara PPSDM Geominerba dengan JOGMEC. Perjanjian ini merupakan bentuk kerja sama yang lebih detail mengenai program/kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun fiskal 2017 ini.

Penandatanganan dilakukan oleh Edi Prasodjo, selaku Kepala PPSDM Geominerba, dan Takashi Ooka selaku Director General of Coal Development Department JOGMEC. Dengan penandatangan tersebut, PPSDM Geominerba menjadi penanggungjawab pelaksanaan kegiatan sebagaimana tertuang dalam Fiscal Year 2017 Implementation Plan for The Training Project on Coal Mining Technology.

Kolaborasi dua lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian SDM dalam teknologi produksi dan manajemen keselamatan melalui transfer teknologi dan pelatihan yang dilakukan para ahli dari Jepang. Tujuan utamanya adalah meningkatkan suplai batubara dan keamanan energi di Asia. Kerja sama yang dijalin meliputi proyek pelatihan teknologi penambangan batubara. (TM/IR)

Rate this item
(0 votes)

Bandung – Dengan berakhirnya kegiatan The Training Project On Coal Mining Technology (TPOC) tahun anggaran 2016, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) menyelenggarakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mempresentasikan dan melaporkan hasil kegiatan proyek alih teknologi tambang batubara di Indonesia selama Tahun Anggaran 2016.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Yudi Pratama, yang didampingi oleh Naoki Sato selaku General Manager dari Mitsui Matsusima Resources (MMR), di Gedung Diklat PPSDM Geominerba, lantai 4 ruang 6, Rabu (22/2) pagi.

TPOC merupakan kegiatan kerjasama dengan NEDO yang sudah dimulai tahun 2002. Perpanjangan kerjasama kegiatan TPOC di tahun 2016 merupakan MoU antara pihak Indonesia cq Badiklat ESDM dan pihak Jepang cq JOGMEC yang ditandatangani pada tanggal 15 Februari 2016.

Skema kerjasama difokuskan kepada pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang dilaksanakan di Indonesia, melalui program alih teknologi dan manajemen tambang batubara bawah tanah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja Indonesia khususnya pada tambang batubara bawah tanah, selain itu satu team Dissemination of Coal Preparation, Environment Protection and Mine Safety Technology juga memberikan training dan survey. Lokasi yang menjadi tempat pelatihan yaitu PT. Gerbang Daya Mandiri (PT. GDM) dan PT. Allied Indo Coal Jaya (PT. AICJ) serta beberapa universitas dan lokasi tambang di Indonesia.

Pelaksanaan presentasi ini disampaikan oleh pihak yang diberikan pendidikan dan pelatihan yaitu PT. GDM yang disampaikan oleh Eko Sutjipto.Dari PT. AICJ yang disampaikan oleh Daniel U. Bangun selaku President Director, serta penjelasan dari tim MMR oleh Yoshihisa Shimoda.

Acara ditutup dengan sesi Tanya jawab, dipimpin oleh Mas Agung Wiweko, Kepala Sub Bidang Evaluasi. Di sesi inilah para undangan yang datang baik dari perusahaan yang menjadi lokus kerjasama maupun dari kalangan akademisi seperti Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Negeri Padang dan Politeknik Akamigas. Tak hanya itu ITATS, Universitas Mulawarman, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sriwijaya dan STTInd Padang yang menjadikan kesempatan ini untuk memberikan masukan dan berkali-kali berupaya agar kerjasama ini terus berlanjut. Mengingat besarnya manfaat yang didapatkan dari pelatihan yang didapatkan dari expert-expert Jepang. (IR)

Lokasi Pusdiklat Minerba

Kontak Kami

Jl. Jendral Sudirman No 623
Bandung - Indonesia

Telp : 022-6076756
Fax : 022-6035506