BerandaLiputan PusdiklatPPSDM Geominerba Kembali Gelar Diklat Pengawasan Eksplorasi Batubara

PPSDM Geominerba Kembali Gelar Diklat Pengawasan Eksplorasi Batubara Featured

Written by  08 Mei 2017

Bandung – Pemanfaatan sumber daya alam, terutama batubara, memerlukan upaya peningkatan kompetensi aparatur yang terlibat di dalamnya. Terkait pengawasan eksplorasi batubara, pemerintah harus semaksimal mungkin memantau pelaksanaan eksplorasi yang dilakukan swasta.

Hal tersebut bertujuan agar kegiatan eksplorasi dilakukan secara profesional, bersahabat dan demi kemakmuran rakyat. Atas dasar tersebut, diperlukan langkah-langkah pengawasan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi batubara.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengawasan Eksplorasi Batubara.

Kepala Bagian Tata Usaha, Ade Hidayat membuka diklat ini dengan didampingi Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Diklat, Maman Suparman, Senin (8/5), di Gedung PPSDM Geominerba. Melalui diklat ini, peserta diharapkan mampu memahami dan menjelaskan kegiatan pengawasan eksplorasi batubara sesuai dengan standar nasional dan peraturan perundang-undangan.

Sebanyak 15 peserta mengikuti diklat ini selama 11 hari (8-18 Mei). Materi yang diajarkan antara lain Ganesa Batubara, Kualitas Batubara, Metode dan Teknik Eksplorasi Batubara, Praktik Kunjungan Lapangan, dan Estimasi Sumber Daya, serta Cadangan Eksplorasi Batubara.

Selain itu, ada pula materi Pengawasan Administrasi Eksplorasi Batubara, Pengawasan Teknis Ekplorasi Lapangan, dan Pengawasan Teknis Ekplorasi Lapangan Batubara. Tidak ketinggalan Pelaporan Pengawasan Eksplorasi Batubara, Penulisan Kertas Kerja Penyusunan Laporan Pengawasan Eksplorasi Batubara, dan Presentasi Kertas Kerja. (IR)

Lokasi Pusdiklat Minerba

Kontak Kami

Jl. Jendral Sudirman No 623
Bandung - Indonesia

Telp : 022-6076756
Fax : 022-6035506