BerandaLiputan PusdiklatDiklat Pengawas Operasional Utama Angkatan I dan II

Diklat Pengawas Operasional Utama Angkatan I dan II Featured

Written by  04 April 2017

Bandung – Kompetensi pengawas operasional pada perusahaan pertambangan mineral dan batubara serta panas bumi, ditetapkan bahwa pengawas operasional dikelompokkan dalam 3 jenjang urutan, sebut saja: Pengawas Operasional Pertama, Pengawas Operasional Madya, dan Pengawas Operasional Utama.

Persyaratan untuk menduduki Pengawas Operasional Utama adalah memiliki sertifikat kelulusan Uji Kompetensi Pengawas Operasional Utama sebagai tanda/pengakuan terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjabat profesi pengawas operasional utama.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Pengawas Operasional Utama diantaranya, Memahami dan mengerti potensi sumber daya manusia yang diperlukan dalam operasi kegiatan pertambangan mineral dan batubara, Memahami dan mengetahui pengelolaan usaha pertambangan di bidang pertambangan, dan Mampu menyusun peraturan perusahaan dalam usaha pencegahan kecelakaan dan pengelolaan lingkungan.

Untuk dapat menguasai keseluruhan aspek tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) berusaha membantu para calon peserta mengikuti uji kompetensi melalui diklat yang diselenggarakan selama enam hari (3 – 8 April 2017), di salah satu hotel di Bandung.

Acara dibuka oleh Kepala PPSDM Geominerba, Edi Prasodjo yang didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana, Syaiful Hidayat, Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Diklat, Maman Suparman, dan juga Antonius Agung Setijawan, Kepala Seksi Perlindungan Lingkungan Batubara, selaku instruktur diklat, Senin (3/4).

Sebanyak 116 peserta dari Perusahaan-perusahaan pertambangan di Indonesia turut andil dalam diklat yang dibagi menjadi 2 angkatan, Angkatan I dan Angkatan II. Dengan tenaga pengajar dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. (IR)

 

Lokasi Pusdiklat Minerba

Kontak Kami

Jl. Jendral Sudirman No 623
Bandung - Indonesia

Telp : 022-6076756
Fax : 022-6035506