BerandaLiputan PusdiklatPelatihan Pengelola Peledakan pada Penambangan Bahan Galian (Juru Ledak Kelas I)

Pelatihan Pengelola Peledakan pada Penambangan Bahan Galian (Juru Ledak Kelas I) Featured

Written by  25 Juli 2016

Bandung – Penggunaan bahan peledak tingkat tinggi untuk mencapai produktivitas tinggi juga harus dilakukan dengan efektif, efisien, selamat (K3), dan ramah lingkungan. Untuk itu diperlukan kompetensi khusus agar semua persyaratan bisa terpenuhi.
Guna mencapai tingkat kompetensi tersebut, diadakanlah pelatihan Pengelola Peledakan pada Penambangan Bahan Galian. Dalam pelatihan ini peserta diberi materi pengetahuan dan pendalaman bahan peledak, teknik penggunaan bahan peledak, K3 peledakan, serta desain peledakan. Pun aspek manajemen, seperti pengelolaan bahan peledak dan teknik peledakan serta pengelolaan dampak peledakan dan community development.
Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia, Syaiful Hidayat berkesempatan membuka Diklat Pengelola Peledakan Kegiatan Penambangan Bahan Galian (Juru Ledak Kelas I) ini. Ia didampingi Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Diklat Maman Suparman, di Gedung Pusdiklat Minerba lantai 4, Senin (25/7).
Sebanyak
25 peserta dari perusahaan-perusahaan pertambangan seluruh Indonesia mengikuti diklat ini. Selama 19 hari, para peserta akan diberikan materi detil yaitu: Kebijakan Pengelolaan Peledakan pada Pertambangan Minerba, Perizinan Bahan Peledakan, Teori Peledakan, Geomekanika Batuban dalam Peledakan. Tak ketinggalan Praktik Mekanika Batuan, Bahan Peledakan Industri, Peledakan Tambang Terbuka, dan Desain Peledakan.
Materi lainnya adalah Peledakan Tambang Bawah, Peledakan Terowongan dan Shaft, Aplikasi Peledakan Tambang Bawah Tanah, Peledakan Khusus, Peledakan Bawah Air, Aplikasi Elektronik Detonator pada TSB, Dampak Peledakan, Ekonomi Peledakan, dan Pemboran untuk Lubang Ledak.
(IR)

Lokasi Pusdiklat Minerba

Kontak Kami

Jl. Jendral Sudirman No 623
Bandung - Indonesia

Telp : 022-6076756
Fax : 022-6035506